Thursday, June 2, 2016

Tokoh-tokoh Terkenal di Bidang Filsafat Islam dan Hasil Karyanya

Ibnu Bajjah

Nama lengkap Ibnu Bajjah adalah Abu Bakr Muhammad Ibn Yahya ibn as-Sa'ig at-Tujibi as-Sarakusti, tetapi lebih populer dengan nama Ibnu Bajjah atau Ibnu Salig. Di Barat, Ibnu Bajjah dikenal dengan nama Avempace, Avenpace, atau Aben Pace. Ia lahir pada tahun 1802 M di Saragosa, spanyol, sebagai anak dari seorang pandai emas.

Selain sebagai filosof Muslim Arab terbesar dari Spanyol, Ibnu Bajjah dikenal juga sebagai seorang astronom, musisi, dokter, fisika, psikologi, pujangga, ahli logika, matematika, dan penyair. Ia piawai bermain musik terutama gambus. Bukan hanya itu, Ibnu Bajjah adalah ilmuwan yang hafal Al-Quran.

Selain menguasai beragam ilmu, Ibnu Bajjah dikenal sebagai politik ulung. Kehebatannya dalam berpolitik mendapat perhatian dari Abu Bakar Ibrahim, gebernur Saragosa. Ia pun diangkat sebagai menteri semasa Abu Bakar Ibrahim menjabat.

Ibnu Bajjah memiliki berbagai pandangan filsafat, antara lain tentang perbuatan manusia. Menurutnya, perbuatan manusia dibagi dua, yaitu perbuatan hewani dan manusiawi. Perbuatan hewani didasarkan atas naluri untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan hawa nafsu. Sementara itu, perbuatan manusiawi didasarkan pada rasio dan kemauan yang bersih lagi luhur.

Adapun yang berkaitan dengan filsafat politik, Ibnu Bajjah menbahas tentang konsep negara. Ia membagi negara menjadi dua macam, yaitu negara utama/sempurna (al-madinat al-fadilat) dan negara yang tidak sempurna. Pendapat Ibnu Bajjah ini sejalan dengan Al-Farabi. Perbedaannya hanya terletak pada penekanannya, Al-Farabi menitikberatkan pada kepala negara, sedangkan Ibnu Bajjah menitikberatkan pada warga negara (masyarakat).

Berikut beberapa karya penting Ibnu Bajjah dalam bidang filsafat.
  1. Kitab Tadbir al-Mutawahid, ini adalah kitab yang paling terkenal dan penting dari seluruh karya tulisnya. Isinya tentang akhlak dan politik serta usaha individu menjauhkan diri dari seluruh keburukan dalam masyarakat, yang disebut sebagai insan muwahhid (manusia penyendiri);
  2. Risalat al-wada', kitab ini membahas tentang penggerak pertama (Tuhan), manusia, alam, dan kedokteran; 
  3. Risalat al-Ittisal, kitab ini menguraikan tentang hubungan manusia dengan 'aqal fa'al;
  4. Kitab al-Nafs, kitab ini menjelaskan tentang jiwa;

Ibnu Tupail

Nama lengkapnya Abu Bakr Muhammad Abd al-Malik ibn Muhammad ibn Tufail al-Qaisi, lahir di Cadix, Granada, Spanyol pada tahun 506 H/110 M. Ia termasuk dalam keluarga suku Arab termuka, Qais. Di Barat, ia terkenal dengan sebutan Abu Bacer. Selain dikenal sebagai filosof Muslim, dia juga seorang dokter, ahli matematika, dan kesusastraan (penyair) dari Dinasti Al-Muwahhid, Spanyol. Ia memulai kariernya sebagai dokter di Granada.

Karena ketenarannya sebagai dokter, maka Ibnu Tufail diangkat menjadi sekretaris Gubernur di Provinsi itu. Selanjutnya, menjadi sekretaris  pribadi Gubernur Cueta (Sabtah) dan Tonjah di Magribi. Jabatan terakhirnya sebagai dokter pribadi Abu Yusuf Ya'qub al-Mansur, Khalifah Daulat Muwahhidin (1163-1184 M), sekaligus menjadi qadi' (hakim).

Dalam bidang filsafat, Ibnu Tufail dengan gigih menyelaraskan ilmu pengetahuan Yunani dengan ilmu hikmah Timur, memadukan antara filsafat dengan agama. Wujud nyata perpaduan itu tergambar dalam karya terkenalnya berjudul Hayy Ibn Yaqzan fi asrar al-Hikmah al-Masyriqiyyah (Hayy Ibn Yaqzan: Rahasia-rahasia Hikmah dari Timur), sebuah roman filsafat yang pernah makna dan kritis. Isinya menggambarkan manusia memiliki akal sebagai fitrah untuk menemukan kebenaran (Tuhan).

Menurut beberapa ahli, kitab Hayy Ibn Yaqzan sebenarnya merupakan inti dari seluruh pemikiran Ibnu Tufail. Dalam mukadimahnya, ia menjelaskan bahwa bukunya ditujukan untuk menemukan kebenaran (al-haqq) menurut cara yang ditempuh para Ahl al-Zauq dan Musyahadah (orang yang telah mencapai tingkat kewalian).

Selain itu, Ibnu Tufail dihadiahi pula oleh dua orang muridnya dua buku tentang kedokteran, yaitu karya Al-Bitruji berjudul Kitab al-Hai'ah, dan karya Ibn Rusyd berjudul Fi al-Buqa' al-Maskunah wa al-Gair al-Maskunah.

Demikianlah beberapa biografi tokoh dalam bidang ilmu filsafat Islam yang terkenal sampai saat ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin.


No comments:

Post a Comment