Friday, March 15, 2019

Tokoh-tokoh Orientalis Inggeris Dalam Bidang Bahasa Arab dan Karya-karyanya.

W. Bedwell (1561 - 1632)

Lulusan Universitas Cambridge, kemudian menjadi dosen bahasa Arab di Oxford. Ia terkenal sebagai orang yang dalam perhatiannya pada bidang studi tentang ketimuran di Inggris, khususnya dalam bidang bahasa Arab. Dialah orang yang pertama meletakkan dasar-dasar untuk mempelajari bahasa Arab. Menurut pendapatnya bahasa Arab adalah bahasa agama, politik, dan pergaulan, sejak dari Aljazair sampai ke negeri China. Tapi, ia salah seorang orientalis yang fanatik terhadap agamanya, sehingga membuat dia berpandangan buruk terhadap Islam.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Kamus bahasa Arab terdiri dari 7 jilid (1610)
  • Daftar buku-buku bahasa Arab, jilid I 395 halaman (Leiden 1612)
  • Kamus kata-kata sulit bahasa Arab yang mencakup nama-nama, tempat-tempat, gelar-gelar yang terhormat dan lain-lain. (Leiden 1615).

Thomas Greaves (1612 - 1676)

Belajar bahasa Arab dan Parsi di Universitas Oxford. Dia ditunjuk sebagai peneliti bahasa Arab pada tahun 1637, dan bekerja sama dengan orientalis lainnya menterjemahkan kitab Taurat dalam bermacam-macam bahasa (1657).
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Faidah bahasa Arab dan kepentingannya (Oxford, 1639).

Edward Pocoche (1604 - 1639)

Bahasa Arab dipelajarinya dengan W. Badwell di Universitas Oxford. Selama lima tahun ia tekun belajar bahasa Arab, belajar menulis dan berpidato. Tahun 1636 Lord menyerahkan jabatan kepala jurusan bahasa Arab di Universitas Oxford, dengan kuliah yang diberikannya adalah gramatika bahasa dan sasteranya.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Petikan dari sejarah Arab, karangan Abil Eraj bin Al Abiry dengan teks asli dan terjemahnya dalam bahasa Latin (1650), inilah teks Arab yang pertama kali dicetak di Oxford.
  • Menerbitkan kitab "Nuzhumul Jauhar" karangan Ibnul Betrek disertai dengan terjemahannya dalam bahasa Latin (1642).
  • Ciri-ciri bahasa Arab dan sastera Arab (1661).

J.L Burckhardt (1783 - 1817)

Dilahirkan di Lausanne, Swiss. Dia berkunjung ke Inggeris dan belajar di sana tentang ilmu kedokteran, ilmu falak, dan bahasa Arab (1856 - 1859) dan akhirnya menjadi warga negara Inggeris. Kemudian memperdalam bahasa Arab di Aleppo, mempelajari Al-Qur'an dan agama Islam. Dengan hidayah Allah dia memeluk agama Islam tahun 1809 sedang namanya berubah menjadi Iberahim bin Abdullah. Tahun 1914 ia melaksanakan ibadah haji ke Mekkah selama tiga bulan. Setelah itu pergi ke Kairo dan meninggal dunia di sana, dikuburkan di Qarafah Qubra di kaki bukit Muqattam. Ditulis di atas kuburnya "Ini kuburan Syekh Haji Iberahim Al Mahdy Ibn Abdullah Burckhardt Al Lausanny, lahir 10 Muharram 1199 H dan wafat pada 16 Zdulhijjah 1232 H".
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Mengembara ke negeri Syam (London, 1814)
  • Menerbitkan buku kumpulan pribahasa Arab dengan teks asli dan terjemahnya dalam bahasa Inggeris disertai keterangan (London 1830)
  • Mengembara ke Jazirah Arab (1829).

Edward W. Lane (1801 - 1876)

Salah seorang orientalis Inggeris  yang terkemuka, yang banyak mencurahkan perhatiannya dalam biadng studi bahasa Arab. Tahun 1825 ia pergi ke Mesir untuk mempelajari tentang kebudayaan Mesir lama. Ia berada di Kairo selama tiga tahun (1825 - 1828) dengan menyesuaikan diri kepada penduduk dan berpakaian Mesir serta menamakan dirinya dengan nama Mansur Afandy. Sehingga ia dapat menyelami karakter dan adat istiadat bangsa Mesir.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Kamus Arab-Inggeris, terdiri dari delapan jilid (1863)
  • Judul-judul pilihan dari Al Qur'an
  • Kehidupan bangsa Arab di zaman pertengahan (1859).

E. H. Palmer (1840 - 1833)

Lahir di Cambridge. Sejak kecil sudah gemar belajar bahasa. Ia belajar tentang ketimuran di Universitas Cambridge. Kemudian ia mengunjungi Lebanon dan Damaskus. Tahun 1871 ditunjuk sebagai dosen bahasa  Arab di Universitas Cambridge. Tahun 1882 ditugaskan oleh pemerintahnya ke Mesir sebagai penterjemah. Terakhir sebagai dosen bahasa Arab pada Universitas Oxford.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Biografi Harun Ar Rasyid (1880)
  • Terjemah Al Qur'an (Oxford 1880)
  • Gramatika bahasa Arab dalam bahasa Inggeris (1881).

Sir Thomas W. Arnold (1864 - 1930)

Ia belajar di Universitas Cambridge. Dan beberapa tahun sebagai dosen filsafat di Universitas Aligard (1888 - 1898). Dia guru pertama pada bidang studi bahasa Arab di Sekolah Bahasa-bahasa Timur (The School of Oriental Studies, London). Tahun 1904 ia ditunjuk sebagai direktur pada sekolah tersebut. Ia pernah mengunjungi Mesir pada tahun 1930.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Da'wah kepada Islam (1896)
  • Studi tentang bahasa Arab (1917)
  • Aqidah Islamiyah (1928).

Krenkow. Fr. (1872 - 1953)

Lahir di Jerman. Bahasa Jerman, Perancis dan Inggeris dipelajarinya ketika dia bersekolah di Sekolah Menengah, terutama bahasa Latin dan bahasa Yunani. Umur 16 tahun ia sudah dapat menguasai bahasa-bahasa Eropa dengan baik. Tahun 1892 ia pindah ke Berlin dan tinggal di sana beberapa tahun lamanya. Kemudian pindah lagi ke Inggeris dan menjadi warga negara Inggeris serta kawin dengan wanita Inggeris. Pada mulanya dia bekerja dalam bidang perniagaan, tapi sejak tahun 1927 perhatiannya dialihkannya ke dunia ilmu pengetahuan. Atas anjuran seorang orientalis besar Sir Charles J. Lyall. Krenkow mempelajari dan mendalami bahasa Arab, Parsi dan Urdu. Ia pernah berhubungan dengan Sultan Haidrabad untuk menyusun Encyclopedia Usmaniah, dan dia ditugaskan untuk menerbitkan sejumlah besar buku-buku. 
Dengan hidayah dari Allah, kemudian ia memeluk agama Islam dan merubah namanya menjadi Muhammad Salim Al Karankawy.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Syair Umar bin Kaltsum dan Syair Al Haris bin Halzah (diterbitkan oleh percetakan Katolik Beirut 1922)
  • Menerbitkan kitab Akhbarun Nahwiyyin Al Bashriyin oleh As Sierafy, 116 halaman dengan pengantar daftar-daftar nama tokoh, kabilah, tempat dan buku (Aljazair 1935)
  • Sejarah Imam Bukhary (1934).

D.S Margoliouth (1858 - 1940)

Dilahirkan dan meninggal dunia di London. Belajar bahasa-bahasa Timur di Universitas Oxford. Dia lebih mengutamakan bahasa Arab dan buku-buku yang ditulis dalam bahasa tersebut. Sehingga pada tahun 1889 dia diangkat sebagai dosen bahasa Arab di Universitas Oxford Dia termasuk dosen bahasa Arab yang terkenal di anatara para Orientalis.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Pilihan Syair-syair Aristoteles yang diterjemahkannya ke dalam bahasa Arab
  • Asal-usul syair Arab (1911)
  • Asal-usul syair Arab Jahiliyah (1926).

C. A. Story (lahir tahun 1888)

Bahasa-bahasa Timur dan pengetahuan lainnya dipelajarinya di fakultas Trinity. Sejak mudanya ia sudah menjadi dosen bahasa Arab di Universitas Aligard India. Tahun 1933 - 1938 sebagai dosen pada sekolah Kejuruan Sir Thomas  Adams di Cambridge.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Pembahasannya dalam bahasa Arab tentang Tafsir: "Min Ahsani Ma Sami'at oleh As Tsa'laby (1912)
  • Bahasa Arab (1922)
  • Menyusun daftar manuskrip-manuskrip bahasa Arab di perpustakaan Diwan India.

Sir Hamilton A.R. Gibb (lahir 1895)

Kelahiran Iskandariyah, Mesir. Salah seorang orientalis terkemuka pada abad ke 18. Ia adalah anggota lembaga ilmu pengetahuan Arab di Damaskus dan Lembaga Bahasa di Kairo. Ia salah seorang anggota redaksi Encyclopedia of Islam. Dia sangat mahir menulis bahasa Arab, baik segi sastera  dan tata bahasanya, demikian juga kefasihannya dalam berbicara bahasa Arab. Tahun 1921 - 1930 ia menjadi dosen bahasa Arab di Universitas London dan selama tujuh tahun pula sebagai dosen bahasa Arab di Universitas Oxford.
Di antara karya-karyanya ialah :
  • Pengantar Sejarah Sastera Arab (london, 1926)
  • Terjemahan "Perjalanan Ibnu Bathuthah (Cambridge 1923)
  • Modern Trends in Islam.

No comments:

Post a Comment