Sunday, September 18, 2016

Pengertian Globalisasi, Ciri-Ciri Globaliasi, dan Arti Penting Globalisasi bagi Indonesia, Serta Beberapa Pendapat Ahli.



Era globalisasi pada dasarnya merupakan era atau masa di mana hubungan antara manusia yang berasal dari berbagai bangsa maupun Negara sudah menjadi lingkup dunia. Memasuki millenium ketiga, globalisasi memiliki dimensi yang jauh berbeda dengan masa sebelumnya. Globalisasi masa sekarang ditandai dengan adanya perkembangan teknologi canggih. Gejala itu memicu terjadinya revolusi informasi yang luar biasa, sehingga bangsa-bangsa di dunia mengalami proses perubahan sosial, yaitu abad informasi.

Untuk memahami globalisasi secara detail, berikut dipaparkan tentang pengertian, ciri-ciri globalisasi, dan arti penting globalisasi.

Pengertian Globalisasi

Istilah globalisasi diambil dari kata global, yang maknanya universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang pasti, kecuali sekadar definisi kerja sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang membawa seluruh bangsa dan Negara di dunia ini makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat.

Untuk memahami pengertian globalisasi secara luas, berikut ini dikemukakan pendapat beberapa ahli tentang globalisasi sebagai berikut.

Prof. Dr. Mubyarto

Globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar tunggal; kedua, sebagai “obat kuat” yang menjadikan ekonomi lebih efiien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.

M. Waters

Globalisasi adalah sebuah proses social, di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.

Martin Albrown

Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

R. Robertson

Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.

Bank Dunia

Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari Negara lain.

Wikipedia Encyclopedia Indonesia

Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu terutama pada liberalisasi perdagangan bebas.

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri utama dari globalisasi adalah adanya banyak persoalan kontemporer saat ini yang tidak dapat dipecahkan secara memadai jika tidak melibatkan banyak Negara. Namun, perlu dipahami bahwa dalam proses global, kekuatan-kekuatan transnasional dan lembaga-lembaga ekonomi global, budaya global, atau pengglobalan sistem-sistem keyakinan/ideology dari berbagai macam tipe atau kombinasi dari semua ini membuat keberadaan Negara menjadi semakin diragukan.

Ciri lain dari globalisasi adalah “globalisasi” dalam kebijakan dan mekanisme pembuatan kebijakan nasional. Kebijakan-kebijakan nasional (yang meliputi bidang-bidang social, ekonomi, budaya, dan teknologi) yang sekarang berada dalam yurisdiksi suatu pemerintah dan masyarakat dalam satu wilayah Negara bergeser menjadi di bawah pengaruh atau diproses badan-badan internasional atau perusahaan besar serta pelaku ekonomi keuangan internasional.

Arti Penting Globalisasi bagi Indonesia

Sebagai Negara yang sedang berkembang, Indonesia tak lepas dari kerjasama dengan Negara lain.Dengan demikian, globalisasi mempunyai arti sangat penting bagi  perkembangan dan kemajuan bangsa dan Negara. Membuka diri untuk bekerja sama dengan Negara lain serta menerima informasi dan teknologi secara terbuka akan mengetahui posisi Negara kita di bandingkan dengan Negara-negara lain di dunia. Dari sini kita dapat mengetahui kekurangan-kekurangan kita sehingga ke depan dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut dengan belajar dari Negara lain yang lebih maju.

Bagi Indonesia, Globalisasi dapat pula di artikan sebagai sebuah resep meliputi liberalisasi pasar global dan pasar nasional dengan asumsi bahwa arus perdagangan bebas, modal,dan arus informasi akan menciptakan hasil yang terbaik bagi pertumbuhan dan kemakmuran umat manusia. Konsep globalisasi sebagai resep mujarab menginginkan adanya pasar bebas dan meyakini bahwa dengan merujuk pada sistem inilah maka perdamaian dan kemakmuran akan terwujud.  







No comments:

Post a Comment