Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan
Kebutuhan adalah segala sesuatu
yang perlu dipenuhi oleh manusia dalam hidupnya. Pemenuhan kebutuhan dapat
dilakukan dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang atau jasa.
Kebutuhan manusia berbeda-beda.
Kebutuhan yang berbeda ini menciptakan permintaan. Permintaan adalah keinginan
yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang atau jasa pada tingkat harga
dan waktu tertentu.
Kebutuhan dan permintaan dapat
tercipta berdasarkan ruang. Lokasi di mana seseorang berada dapat menciptakan
kebutuhan dan permintaan yang berbeda. Masyarakat kota dan masyarakat desa,
misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda. Bagi masyarakat kota,
telepon pintar (smartphone) merupakan
suatu kebutuhan yang penting sehingga terdapat permintaan yang cukup tinggi.
Adapun bagi masyarakat desa, telepon pintar mungkin bukan suatu kebutuhan yang
penting.
Kebutuhan dan permintaan yang
berbeda juga dapat terjadi antarruang yang berbeda seperti antarwilayah. Wilayah
perdesaan misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda dengan
wilayah perkotaan. Wilayah perdesaan umumnya membutuhkan pupuk dan perangkat
untuk pertanian. Adapun wilayah perkotaan umumnya membutuhkan hasil-hasil
pertanian.
Keunggulan suatu daerah dan
keterbatasan daerah lain dapat menimbulkan interaksi. Keunggulan wilayah
perdesaan, misalnya adalah menghasilkan produk pertanian. Adapun wilayah
perkotaan memiliki keterbatasan dalam memproduksi hasil pertanian. Produk
pertanian dibutuhkan masyarakat perkotaan dan menjadi permintaan wilayah
perkotaan. Interaksi antarruang pun terjadi dengan penjualan produk pertanian
ke wilayah perkotaan.
Di sisi lain, wilayah perkotaan
memiliki keunggulan, misalnya, menghasilkan produk elektronik seperti TV. Adapun
keterbatasan wilayah perdesaan adalah tidak mampu memproduksi TV. Wilayah
perdesaan yang membutuhkan TV kemudian berinteraksi dengan wilayah perkotaan
untuk mendapatkan TV. Penjualan TV dari wilayah perkotaan ke wilayah perdesaan
menimbulkan interaksi antarruang.
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang
dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh produsen kepada konsumen pada
setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Suatu wilayah membutuhkan benda
atau produk yang tidak mampu dihasilkan wilayah tersebut. Wilayah yang memiliki
suatu sumber daya alam tertentu akan menawarkan sumber daya alam tersebut.
Apabila wilayah lain membutuhkan sumber daya alam yang ditawarkan, maka akan
terjadi interaksi antarruang antar wilayah. Suatu wilayah akan menawarkan
produk dan jasa yang didukung antara lain oleh keunggulan alam dan keunggulan
sumber daya manusia yang dimiliki wilayah tersebut.
Wilayah di Indonesia memiliki
potensi kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam ini tidak harus berbentuk benda.
Kekayaan alam bentuk lain termasuk keindahan alam itu sendiri. Indonesia
memiliki berbagai wilayah yang indah dengan keunikan pesona alam yang memiliki
ciri tersendiri. Pesona alam yang indah ini dapat pula menjadi keunggulan
suatu wilayah. Misalnya, Papua memliki keindahan alam antara lain di daerah
Raja Ampat, Bali memiliki keindahan alam yang diakui dunia, Sulawesi Utara
memiliki ruang laut yang indah. Berbagai daerah lain di Indonesia pun banyak
memilki keindahan alam dan keunikan alam.
Selain itu, terdapat pula
keunggulan suatu wilayah yang berkaitan dengan peluang dari sisi ekonomi. Pulau
Jawa menjadi pusat aneka kegiatan ekonomi dan pemerintahan, termasuk wilayah
tempat ibukota Negara, Jakarta berada. Keunggulan ini menawarkan peluang
ekonomi yang menjanjikan. Akibatnya, penduduk dari luar Pulau Jawa tertarik
dating ke Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Wilayah ini dianggap memiliki
keunggulan yaitu peluang menawarkan aneka kesempatan pekerjaan.
Ruang atau lokasi wilayah
berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah menghasilkan produk. Wilayah pantai
kemungkinan besar memiliki keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber
daya alam seperti ikan laut dibandingkan wilayah pegunungan. Adapun wilayah
pegunungan kemungkinan besar memilki keunggulan dalam menghasilkan dan
menawarkan sumber daya alam seperti sayur-sayuran segar.
Penawaran dengan demikian
berhubungan dengan jenis produk yang dihasilkan suatu wilayah. Apabila produk
yang dihasilkan dan ditawarkan dibutuhkan wilayah lain. Keunggulan antarwilayah
menjadi salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang.
ok
ReplyDeleteMakasih ya, udah aku salin semua. Di buku catatan IPS ku.... Tugas dari guru IPS, soalnya. Hehehehe... đđ makasih ya, sangat membantu BTW đđ✌✌
ReplyDeletemudah di pahami
ReplyDeleteG jelas
ReplyDeleteyour head
DeleteMksh yhđđ
ReplyDeleteTerimakasih ya
ReplyDeleteSngat membantuu
ReplyDeleteMksih yaa
Mksh ya
ReplyDelete