Friday, February 9, 2018

Pengertian Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan dan dalam Penawaran.



Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang perlu dipenuhi oleh manusia dalam hidupnya. Pemenuhan kebutuhan dapat dilakukan dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang atau jasa.
Kebutuhan manusia berbeda-beda. Kebutuhan yang berbeda ini menciptakan permintaan. Permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang atau jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.

Kebutuhan dan permintaan dapat tercipta berdasarkan ruang. Lokasi di mana seseorang berada dapat menciptakan kebutuhan dan permintaan yang berbeda. Masyarakat kota dan masyarakat desa, misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda. Bagi masyarakat kota, telepon pintar (smartphone) merupakan suatu kebutuhan yang penting sehingga terdapat permintaan yang cukup tinggi. Adapun bagi masyarakat desa, telepon pintar mungkin bukan suatu kebutuhan yang penting.

Kebutuhan dan permintaan yang berbeda juga dapat terjadi antarruang yang berbeda seperti antarwilayah. Wilayah perdesaan misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda dengan wilayah perkotaan. Wilayah perdesaan umumnya membutuhkan pupuk dan perangkat untuk pertanian. Adapun wilayah perkotaan umumnya membutuhkan hasil-hasil pertanian.

Keunggulan suatu daerah dan keterbatasan daerah lain dapat menimbulkan interaksi. Keunggulan wilayah perdesaan, misalnya adalah menghasilkan produk pertanian. Adapun wilayah perkotaan memiliki keterbatasan dalam memproduksi hasil pertanian. Produk pertanian dibutuhkan masyarakat perkotaan dan menjadi permintaan wilayah perkotaan. Interaksi antarruang pun terjadi dengan penjualan produk pertanian ke wilayah perkotaan.

Di sisi lain, wilayah perkotaan memiliki keunggulan, misalnya, menghasilkan produk elektronik seperti TV. Adapun keterbatasan wilayah perdesaan adalah tidak mampu memproduksi TV. Wilayah perdesaan yang membutuhkan TV kemudian berinteraksi dengan wilayah perkotaan untuk mendapatkan TV. Penjualan TV dari wilayah perkotaan ke wilayah perdesaan menimbulkan interaksi antarruang.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Suatu wilayah membutuhkan benda atau produk yang tidak mampu dihasilkan wilayah tersebut. Wilayah yang memiliki suatu sumber daya alam tertentu akan menawarkan sumber daya alam tersebut. Apabila wilayah lain membutuhkan sumber daya alam yang ditawarkan, maka akan terjadi interaksi antarruang antar wilayah. Suatu wilayah akan menawarkan produk dan jasa yang didukung antara lain oleh keunggulan alam dan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki wilayah tersebut.

Wilayah di Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam ini tidak harus berbentuk benda. Kekayaan alam bentuk lain termasuk keindahan alam itu sendiri. Indonesia memiliki berbagai wilayah yang indah dengan keunikan pesona alam yang memiliki ciri tersendiri. Pesona alam yang indah ini dapat pula menjadi keunggulan suatu wilayah. Misalnya, Papua memliki keindahan alam antara lain di daerah Raja Ampat, Bali memiliki keindahan alam yang diakui dunia, Sulawesi Utara memiliki ruang laut yang indah. Berbagai daerah lain di Indonesia pun banyak memilki keindahan alam dan keunikan alam.

Selain itu, terdapat pula keunggulan suatu wilayah yang berkaitan dengan peluang dari sisi ekonomi. Pulau Jawa menjadi pusat aneka kegiatan ekonomi dan pemerintahan, termasuk wilayah tempat ibukota Negara, Jakarta berada. Keunggulan ini menawarkan peluang ekonomi yang menjanjikan. Akibatnya, penduduk dari luar Pulau Jawa tertarik dating ke Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Wilayah ini dianggap memiliki keunggulan yaitu peluang menawarkan aneka kesempatan pekerjaan.

Ruang atau lokasi wilayah berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah menghasilkan produk. Wilayah pantai kemungkinan besar memiliki keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti ikan laut dibandingkan wilayah pegunungan. Adapun wilayah pegunungan kemungkinan besar memilki keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti sayur-sayuran segar.

Penawaran dengan demikian berhubungan dengan jenis produk yang dihasilkan suatu wilayah. Apabila produk yang dihasilkan dan ditawarkan dibutuhkan wilayah lain. Keunggulan antarwilayah menjadi salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang.
 

9 comments: