Saturday, February 10, 2018

Pengaruh Interaksi Antarruang terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, dan Budaya di Indonesia dan ASEAN.

Pengaruh Interaksi Antarruang terhadap Kegiatan Ekonomi di Indonesia dan ASEAN

Kita telah membahas bentuk kerja sama antarnegara ASEAN di bidang ekonomi, kali ini kita akan membahas pengaruh positif dan pengaruh negatif dari interaksi tersebut bagi Indonesia.

Pengaruh Positif

Pengaruh positif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan ekonomi antarnegara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Tenaga kerja profesional akan mudah bergerak antarnegara ASEAN. Kesempatan bagi tenaga kerja profesional Indonesia untuk dapat bekerja di negara-negara ASEAN terbuka lebar.
  • Investasi dari negara-negara anggota ASEAN dapat masuk dan diterima Indonesia untuk mengembangkan berbagai industri maupun jasa di Indonesia.
  • Pangsa pasar bagi produk-produk Indonesia terbuka lebar di negara-negara ASEAN. Kebijakan impor barang tanpa pajak antarnegara ASEAN dapat menguntungkan Indonesia. Berbagai produk Indonesia dapat dijual di negara-negara ASEAN dengan harga yang tidak terlalu jauh dengan harga jual di Indonesia.

Pengaruh Negatif

Pengaruh negatif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan ekonomi antarnegara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Kesempatan tenaga kerja asing untuk masuk dalam lapangan kerja di Indonesia terbuka lebar. Salah satu dampaknya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di Indonesia dapat berkurang. Dari sisi pendidikan dan penguasaan bahasa Inggris, dikhawatirkan tenaga kerja Indonesia kalah bersaing dengan para pekerja negara-negara ASEAN lain seperti Singapura, Filipina, dan Malaysia.
  • Terbukanya kemungkinan eksploitasi sumber daya alam Indonesia. Di ASEAN, Indonesia memiliki sumber daya alam yang besar. Perusahaan asal negara ASEAN dapat tertarik menanamkan modal dan mengolah sumber daya alam Indonesia akan cepat berkurang.
  • Serbuan barang impor dari negara-negara ASEAN dapat mematikan berbagai perusahaan yang memproduksi produk Indonesia. Harga yang lebih murah serta tampilan yang lebih baik dapat mematikan produk Indonesia sejenis apabila tidak mampu bersaing.

Pengaruh Interaksi Antarruang terhadap Kegiatan Sosial di Indonesia dan ASEAN

Kita telah membahas bentuk kerja sama antarnegara ASEAN di bidang sosial. Berikut pengaruh positif dan pengaruh negatif dari interaksi tersebut bagi Indonesia.

Pengaruh Positif

Pengaruh positif dan interaksi antarruang terhadap kegiatan sosial antarnegara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Terciptanya solidaritas antarnegara ASEAN. Hal ini akan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang anatarnegara ASEAN.
  • Terdapat upaya mendorong isu-isu kebijakan yang terkait dengan upaya pencapaian kesejahteraan sosial dan pembangunan antarnegara anggota ASEAN.

Pengaruh Negatif

Pengaruh negatif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan sosial antarnegara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Penanaman modal dari negara-negara ASEAN di berbagai daerah jangan sampai bertentangan dengan kehidupan sosial masyarakat daerah-daerah tersebut. Justru kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat daerah perlu diperbaiki dan ditingkatkan.
  • Dapat muncul sikap negatif seperti konsumerisme dan hedonisme menghadapi masuknya berbagai produk menarik dari negara-negara ASEAN. Produk-produk yang dibeli bisa jadi belum tentu dibutuhkan namun tetap dibeli demi kepuasan pribadi atau agar dianggap positif oleh orang lain.

Pengaruh Interaksi Antarruang terhadap Kegiatan Budaya di Indonesia dan ASEAN

Kita telah membahas bentuk kerja sama antarnegara ASEAN di bidang budaya. Berikut pengaruh positif dan pengaruh negatif dari interaksi tersebut bagi Indonesia.

Pengaruh Positif

Pengaruh positif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan budaya antarnegara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Kekayaan budaya antarnegara ASEAN ditampilkan melalui berbagai kegiatan. Hal ini dapat meningkatkan ketertarikan dan kepedulian warga negara anggota ASEAN terhadap budaya negara-negara ASEAN.
  • Kekayaan budaya negara-negara ASEAN diketahui warga negara-negara ASEAN dan dunia. Hal ini dapat mendorong kedatangan turis, baik dari negara-negara ASEAN maupun dari negara-negara di luar ASEAN.

Pengaruh Negatif

Pengaruh negatif dari interaksi antarruang terhadap kegiatan budaya antarnegara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  • Masyarakat Indonesia dapat melihat berbagai budaya di negara-negara ASEAN. Dikhawatirkan ada budaya daerah yang tersisihkan, kalah bersaing dengan budaya dari negara ASEAN lain,
  • Pengaruh budaya dari negara-negara ASEAN masuk ke Indonesia. Dikhawatirkan ada budaya asing yang kurang sesuai dengan budaya Indonesia. Maka setiap budaya asing harus disaring dengan baik dan tidak boleh diterima bulat-bulat.
  • Sebagian kebudayaan daerah dipromosikan agar disaksikan dan dinikmati turis asing, termasuk dari negara-negara ASEAN. Kebudayaan daerah tersebut dikhawatirkan berubah dari aslinya dan lebih mengikuti selera para turis asing. Agar hal ini tidak terjadi, kebudayaan daerah harus terus kita rawat dan jaga dengan baik.


3 comments: