Friday, February 23, 2018

Pengertian dan Jenis-Jenis Perusahaan



Pengertian Perusahaan


Perusahaan (business) berasal dari kata busy atau sibuk. Business berarti keadaan sibuk, yaitu setiap kegiatan yang menyibukkan manusia. Manusia dapat mencari berbagai macam kesibukan, seperti membaca, menulis, menggambar, bermain, dan sebagainya. Jadi, perusahaan merupakan tempat di mana sumber daya tersedia digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa.

Tetapi pengertian business dalam ekonomi adalah bekerja, usaha, dan kegiatan manusia yang ada hubungannya dengan produksi kekayaan. Secara fungsional, business berarti kegiatan manusia yang mencakup produksi atau pembelian barang dengan tujuan untuk dijual dengan mendapatkan laba.

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) merupakan salah satu dari dua pabrik pupuk yang terdapat di Lhokseumawe. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), yang memasok kebutuhan pupuk dalam negeri. Selain PIM, juga ada ASEAN Aceh Fertilizer (AFF), yang sebagian besar produknya diekspor.

Kegiatan perusahaan diukur dalam arti uang dan laba merupakan ukuran keberhasilan perusahaan. Jadi, uang dan laba merupakan alat untuk mengukur dan bukan satu-satunya tujuan utama perusahaan. Mengapa? Sebab perusahaan juga harus memiliki misi sosial (kemanusiaan)dalam menjalankan kegiatan usahanya. Otomatis, perusahaan juga tidak boleh mengabaikan lingkungannya dan harus jujur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mengapa moral dan etika bisnis harus diutamakan? Hal ini demi kelangsungan hidup dari perusahaan  yang dijalankan. Kalau suatu perusahaan itu mengalami kemajuan yang berarti, maka ia akan mencari legalitas dengan cara membentuk menjadi suatu badan usaha. Jika suatu perusahaan sudah menjadi badan usaha maka kita dapat memisahkan tujuan, bentuk, dan aktivitasnya. Perbedaan badan usaha dengan perusahaan adalah sebagai berikut.

Badan Usaha


  • Tujuannya mencari laba.
  • Merupakan badan yang mengurus perusahaan.
  • Bentuknya bias berupa PT, Firma, CV, Koperasi, Po.

Perusahaan


  • Tujuannya menghasilkan barang.
  • Merupakan alat badan usaha dalam mencari keuntungan.
  • Bentuknya bias berupa pabrik, toko, bengkel, warung.


Jenis-Jenis Perusahaan


  • Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang usahanya memungut secara langsung benda-benda yang tersedia di alam. Kegiatan perusahaan ekstraktif antara lain pertambangan, penangkapan ikan, penebangan kayu, pemungutan rumput laut, dan pembuatan garam. Perusahaan ekstraktif termasuk kelompok industri primer.

  • Perusahaan Pertanian (Genetik) atau Agraris

Perusahaan pertanian adalah perusahaan yang usahanya mengolah tanah menjadi lahan pertanian, kemudian ditanami tumbuh-tumbuhan agar menghasilkan bahan untuk memenuhi kebutuhan. Meliputi pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan (pemeliharaan ikan), dan peternakan. Perusahaan pertanian termasuk kelompok industri primer.

  • Perusahaan Industri

Perusahaan industri adalah perusahaan yang usahanya mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi (bahan baku), atau mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Perusahaan industri yang termasuk kelompok industri sekunder yaitu manufaktur. Yang termasuk perusahaan industri  antara lain perusahaan kerajinan rotan, perusahaan roti, perusahaan obat-obatan, termasuk konstruksi (pembuatan gedung, jembatan, dam, saluran).  

  • Perusahaan Perdagangan

Perusahaan perdagangan mencakup proses pembelian dan penjualan dan semua kegiatan yang memberi kemudahan atau fasilitas perdagangan seperti penyimpanan, pengepakan, pembelanjaan, asuransi, dan lain-lain.

  • Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang usahanya menyelenggarakan jasa untuk para konsumen (pemakai) dengan memperoleh imbalan, misalnya jasa dokter, jasa bank, jasa seorang penjahit, dan lain-lain.




No comments:

Post a Comment