Wednesday, February 14, 2018

Pengertian, Faktor Pendoromg, dan Penghambat Kerja Sama Antarnegara ASEAN



Pengertian Kerja Sama

Kamus Besar Bahasa Indonesia menuliskan arti kerja sama sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama. Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN membentuk ASEAN untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut antara lain mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan kebudayaan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara, serta meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

 

Faktor Pendorong Kerja Sama

Terdapat beberapa faktor pendorong kerja sama antarnegara antara lain sebagai berikut.
  • Kesamaan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam yang sama pada beberapa negara dapat menjadikan pendorong kerja sama. Contohnya adalah OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) yaitu organisasi kerja sama para Negara penghasil minyak bumi.
  • Kesamaan Wilayah
Negara-negara yang terletak pada suatu wilayah yang sama dapat terdorong untuk melakukan kerja sama. Contohnya adalah ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) yang terdiri dari negara-negara yang terdapat di wilayah Asia Tenggara
  • Kesamaan Ideologi
Negara-negara yang memiliki kesamaan ideology dapat terdorong untuk melakukan kerja sama. Contohnya adalah NATO (North Atlantic Treaty Organization) dan Warsaw Pact (Pakta Warsawa). NATO yang terbentuk pada tahun 1949 merupakan organisasi negara-negara Eropa Barat dengan kesamaan ideology liberalisme-kapitalisme. Adapun pakta Warsawa terdiri dari Uni Soviet serta tujuh Negara Eropa Timur memiliki kesamaan ideology komunisme. Pakta Warsawa terbentuk tahun 1955 dan bubar pada tahun 1991.
  • Perbedaan Sumber Daya Alam
Negara-negara dengan sumber daya alam yang berbeda akan saling bekerja sama agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. Contohnya Negara Tiongkok yang membutuhkan batu bara dari Indonesia akan bekerja sama dengan Indonesia agar dapat membeli batu bara dari Indonesia.
  • Perbedaan Teknologi
Negara-negara dengan kemampuan teknologi yang berbeda akan saling bekerja sama agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. Contohnya Negara Indonesia yang belum mampu menghasilkan mobil, tetapi membutuhkan mobil, akan bekerja sama dengan Jepang yang telah mampu menghasilkan mobil.
  • Perbedaan Iklim dan Kesuburan Tanah
Negara-negara dengan iklim dan kesuburan tanah yang berbeda akan saling bekerja sama agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing. Contohnya Negara-negara Eropa Utara yang umumnya memilki iklim dingin akan bekerja sama dengan negara-negara beriklim tropis agar dapat memperoleh sayur dan buah-buahan yang hanya tumbuh di wilayah beriklim tropis.

 

Faktor Penghambat Kerja Sama

Terdapat beberapa faktor penghambat kerja sama antarnegara, antara lain sebagai berikut.
  • Keamanan Negara
Suatu negara yang tidak aman menjadikan Negara lain enggan bahkan tidak mau bekerja sama dengan Negara tersebut. Dari segi pandangan, misalnya, para pedagang tidak mau menjual barang ke negara yang tidak aman tersebut karena khawatir akan kehilangan barang atau tidak terbayar.
  • Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah suatu negara dapat menghambat kerja sama negara tersebut dengan negara lain. Salah satu contohnya adalah kebijakan yang cenderung menutup diri dari negara-negara lain (isolationism) yang dilakukan pemerintah Korea Utara. 
  • Perang Antarnegara
Perang yang terjadi antarnegara tentu akan menunda hingga menghentikan kerja sama antarnegara tersebut. Contohnya pada Perang Dunia II, negara-negara yang tergabung dalam Sekutu tidak akan bekerja sama dengan Negara Jerman.   

2 comments: